Selamat Datang di Web Desa Legowetan, Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat

Artikel

Profil Masyarakat Desa

29 Juli 2013 18:13:36  Administrator  146 Kali Dibaca 

Berdasarkan data desa pada bulan Oktober 2022, jumlah seluruh penduduk Desa Legowetan sebanyak 3393 orang.

Jumlah penduduk Desa Legowetan laki-laki sebanyak 1677 orang, perempuan sebanyak 1716 orang. Berdasarkan tingkat pendidikannya adalah sebagai berikut:

No.

Angkatan Kerja

Jumlah

1

Tidak Tamat SD

699

2

SD

1485

3

SLTP

594

4

SLTA

326

5

Akademi

11

6

Perguruan Tinggi

46

Jumlah Total

3161

 

Profil sosial masyarakat

Dalam aktivitas keseharian, masyarakat Desa Legowetan sangat taat dalam menjalankan ibadah keagamaan. Setiap Rukung Tetangga (RT) dan pedukuhan memiliki kelompok-kelompok pengajian. Pada peringatan hari besar Islam, penduduk Desa Legowetan kerap menggelar acara peringatan dan syukuran dengan tema yang disesuaikan dengan hari besar keagamaan. Sebagian besar warga Desa Legowetan terafiliasi pada organisasi kemasyarakat Islam Nahdlatul Ulama.

Gelaran perayaan lain selalu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Setiap pedukuhan akan turut serta dan semangat menampilkan ciri khasnya dalam acara peringatan dan karnaval budaya.

Kelompok pemuda di Desa Legowetan yang tergabung dalam kelompok pegiat Karang Taruna menjadi aktor utama dalam banyak kegiatan desa. Kelompok ini aktif menggelar program kegiatan untuk merayakan dan meramaikan desa seperti acara perlombaan hari kemerdekaan, serta menggelar acara jalan sehat bersama.

Sejumlah penduduk Desa Legowetan bekerja merantau di daerah di luar Ngawi. Namun, ikatan sosial mereka terhadap tanah kelahiran tetap tinggi. Penduduk asli Desa Legowetan yang tinggal di Kalimantan dan sekitarnya misalnya, mereka membentuk paguyuban untuk memelihara silaturahmi antar sesama warga perantauan.

 

Profil politik masyarakat

Warga Desa Legowetan dikenal sebagai kelompok masyarakat yang paling aktif dan memiliki potensi tertinggi untuk berpartisipasi dalam pemberian suara untuk Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Langsung. Tingkat partisipasi warga di desa ini terbanyak jika dibandingkan dengan desa lain di Kecamatan Bringin, Ngawi.

Permasalahan mendasar yang ada di Desa Legowetan adalah tidak imbangnya jumlah pencari kerja dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia. Sekalipun jumlah pengangguran di Desa Legowetan pada Tahun 2021 hanya beberapa orang tetapi kebanyakan mereka bekerja di luar Desa. Jadi, perlu gerakan kembali ke Desa serta menarik sumber-sumber ekonomi ke desa agar pencari kerja tidak banyak tersedot ke luar Desa.

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Arsip Artikel

 Agenda

Belum ada agenda

 Sinergi Program

 Aparatur Desa

Back Next

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln. Raya Legowetan - Kiteran
Desa : Lego Wetan
Kecamatan : Bringin
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63285
Telepon :
Email : desalegowetan@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:41
    Kemarin:66
    Total Pengunjung:45.510
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.116.90.141
    Browser:Mozilla 5.0